Japan Diary: Tapi, Tahukah Kamu?

Tapi, tahukah kamu?  5 hal berikut yang mungkin tidak kamu ketahui tentang Jepang.

1. Tisu Toilet
Udah gak asing lagi dong tentang canggihnya toilet Jepang yang menggunakan banyak tombol. Tapi, taukah kamu kalau menggunakan tisu toilet di Jepang buangnya bukan di tempat sampah melainkan di klosetnya. Tapi inget jangan buang selain tisu toilet ke dalam kloset karena bisa menganggu sistem pencernaan kloset. :p



2.Taat aturan (?)
Kalau nonton di TV tentang betapa orang jepang sangat menaati peraturan terutama peraturan lalu lintas tuh rasanya waw banget. Tapi, tahukah kamu kalau gak semua orang jepang menaati peraturan kayak di TV. Buktinya di tempat saya tinggal saya sering melihat baik itu anak muda atau anak tua melanggar peraturan lalu lintas penyebrangan jalan, tanda masih merah tapi malah nyebrang, ada juga yang tidak menyebrang pada tempatnya padahal zebra cross 50M didepan. Sensei saya yang orang Jepang pun mengakuinya kalau ia pun beberapa kali melanggar perturan menyebrang kalau di jalan kecil dan ketika tidak ada mobil sama sekali, meski tandanya masih belum boleh menyebrang tapi karena tidak ada mobil sama sekali beliau tetap menyebrang.


3. Sushi Murah
Berapa uang yang diperlukan tiap kali kalian makan sushi di restoran sushi di Indonesia? mungkin bisa diatas 50 ribu rupiah, kan? Tapi tahukah kamu kalau harga sushi di Jepang lebih murah daripada harga sushi di Indonesia? Salah satu restoran frenchfries  terkenal di Jepang "Kura Sushi" misalnya, harga satu piringnya hanya 100 Yen atau sekitar 12.000-13.000 rupiah dengan rasa asli jepang tanpa tambahan banyak mayonaise di sushinya. Atau kalian juga bisa mendapatkan harga sushi yang lebih murah kalau beli di supermarket di atas jam 9 malam, karena kalian bisa mendapatkan diskonan sampai 50%.

4. Berisik di Kereta
Pernah baca artikel tentang apa yang dilakukan orang Jepang di kereta? Di Artikel-artikel yang saya baca tentang perilaku orang Jepang di kereta semuanya benar seperti kebanyakan mereka hanya membaca, main handphone, dengerin musik atau tidur. Tapi, tahukah kamu kalau bukan berarti tidak ada yang mengobrol di dalam kereta. Pertama kali saya naik kereta di Jepang saya pikir mungkin hanya orang asing seperti kami inilah yang mengobrol di kereta tapi tidak nyatanya, banyak juga kok orang jepang yang mengobrol di kereta, bahkan kadang-kadang dengan suara yang keras (biasanya anak muda).

5. Es Teh
Sudah jadi rahasia umum kalau teh hijau di jepang itu rasanya pahit. Tapi, tahukah kamu kalau teh hitam (teh yang sering di minum oleh orang Indonesia) di Jepang pun tidak manis. Pertama kali saya membeli est teh di vanding machine yang saya bayangkan pada saat itu adalah segar dan manis,tetapi terkejutlah saya ketika diminum tidak manis sama sekali, karena yang saya pikirkan adalah rasa es teh manis dan ketika diminum rasa es teh tawar.
https://images-fe.ssl-images-amazon.com/images/G/09/detail/review/B00180MQFI_aplus_01.jpg


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

1 komentar:

  1. Salam Ida, saya Amirah dari Malaysia. Saya jumpa gambar instagram kamu selepas search kansai university. Kemudian dari situ saya ketemu blog kamu. Saya bakal ke Jepun tahun depan untuk program Bekka di bawah Kansai Uni. Saya akan tinggal di Minami-Senri Int Plaza, dekat dgn dorm kamu mungkin? Harap bisa ketemu sama kamu. Blog kamu sangat informatif tentang suasana di sana, terima kasih :)

    BalasHapus