Nasihat dan Aturan tentang Cinta dari Bang Tere

Sabtu, 24 Mei 2014, akhirnya saya bisa bertemu dengan penulis favourit saya  Bang Tere Liye di acara Bedah buku "Berjuta Rasanya" & "Sepotong Hati Yang Baru" yang diadakan oleh Kopma UGM di Perpustakaan Pusat UGM. Dalam acara ini bang Tere, tidak membahas isi ke2 buku itu karena kita bisa membacanya sendiri melainkan beliau membahas bagaimana ke2 buku itu bisa ada. Ini ada beberapa rangkuman yang saya tulis dari acara tsb.

Bolehkah Kita Jatuh Cinta ??
Tentu saja boleh, karena rasa cinta itu yang menghidupi Bumi ini. Bayangkan jika seorang Ibu tidak mencintai anaknya, maka apa yang terjadi dengan sang Bayi ketika ia menangis dan meminta susu di malam hari ? kemudian beberapa saat kemdian sang ibu harus terbangun kembali mengurusi sang bayi yg  menangis lagi karena popoknya basah, dan terbangun kembali karena sang bayi ngambek minta dikeloni, jika bukan cinta maka sang ibu tidak rela membagi waktu tidurnya hanya untuk makhluk yang paling merepotkan yaitu Bayi. Ya, perasaan cinta itulah yang menghidupi berbagai macam hal di Bumi ini.

Kalau Cinta, So What ??
Kebanyakan dari kita ketika jatuh cinta kita tidak tahu 'So What-nya' itu apa. Kalau dia suka kamu, terus kenapa ? kalau kamu suka dia, lalu kenapa ? kalau kalian sama-sama suka, so what ?

5 Nasehat dari Bang Tere untuk kita agar memahami 'So What-nya' ketika jatuh cinta. Boleh jadi ini tidak sepaham dengan kalian, tidak apa saya hanya ingin berbagi tentang apa yang saya dapat, :)

1. kekuatan "Tidak Bilang"
"orang yang percaya bahwa 'dia' adalah jodohnya, maka boleh jadi Allah mendengarkan doanya".
meski kalian tidak mengatakannya kalau kalian cinta, percayalah suatu hari pada waktu yang tepat kalian akan layak bagi orang yang kalian cintai suatu saat nanti, percayalah kawan Allah mendengar doa kalian, teruslah memperbaiki diri. Kata Bang Tere "Pacaran itu buta, Menikah itu membuka mata kalian".

2.  Hakikat Menunggu
Menunggu itu bukan masalah sabar atau tidak sabar tapi bermanfaat atau tidak. Contoh Kasus: Bambang pergi ke Pasar bersama Ibunya, sang Ibu berkata kepada Bambang, "Nak, ibu akan masuk kedalam pasar kamu tunggulah disini selama 2 jam, persis pada menit ke 120, ibu akan keluar" , lalu apa yang dilakukan Bambang ? ada 3 skenario untuk kasus ini

  • Bambang menunggu 2 jam persis seperti apa yang disuruh ibunya tapi sepanjang 2 jam ia selalu mengeluhkan banyak hal mulai dari ingin bermain bersama teman, menonton TV, mengerjakan tugas dll. Bambang tetap menjalan perintah ibunya untuk menunggu selama 2 jam, tapi selama 2 jam ia menunggu ia hanya mendapatkan keluhannya saja.
  • Bambang menunggu 2 jam seperti apa yg disuruh ibunya, menunggu seperti pohon pisang, diam tidak melakukan apa-apa dan tidak mengeluh. Bambang melakukan perintah ibunya, tapi apa yg dia dapat ? Tidak ada  selain menunggu
  • Bambang menunggu 2 jam seperti apa yg disuruh ibunya, tapi selama 2 jam itu ia melakukan banyak hal. Ketika ia melihat nenek membawa barang berat ia bantu membawanya, ketika ia melihat tukang cendol ia bertanya bagaimana cara membuat cendol, dan lain sebagainya. Jadi, selama 2 jam ia menunggu apa yg ia dapat ? banyak hal berguna dan bermanfaat.
kawan, apa yang kalian pilih dari 3 skenario diatas ? semoga dalam masa menunggu kalian, banyak hal yang berguna dan bermanfaat yang kalian lakukan, sehingga masa menunggu itu menjadi penantian yang berkualitas.

3. Hakikat Berharap
Bukan hasil, kawan, tapi proses. Kita tidak pernah tahu kriteria jodoh yang baik & buruk, yang baik menurut kita belum tentu baik  buat yang lain karena semua orang berubah. Kita tidak bisa terlalu banyak berharap kepada manusia, maka berharaplah kepada Allah SWT.

4. Wisdom "Pergi"
Dengan pergi kita akan tahu apakah itu cinta sejati atau bukan. Perasaan itu seperti menggenggam pasir, semakin erat kau menggenggamnya makan akan semakin leapas pasir yang kau gengganm, tapi jika kau mengenggamnya dengan santai maka pasir itu akan tetap berada di genggaman kalian.

5. Hakikat Memiliki
"Kehilangan akan mengajarkan kita hakikat memiliki" . Kongkretnya ? milikilah pemhaman yang baik atas perasaan kita sendiri

Ini adalah 7 aturan Jatuh Cinta versi Bang Tere:


  1. Jatuh Cinta itu memulainya mudah, tapi menghentikannya susah. Oleh karena itu berhati-hatilah terhadap perasaan.
  2. Jatuh Cinta itu tidak pernah rumit hanya saja orangnya lah yang membuat jatuh cinta itu menjadi rumit.
  3. Cinta itu bisa redup dan padam, seperti Api Unggun. Kebanyakan dari anak muda terlalu banyak memberikan minyak pada api tapi lupa untuk menambahkan kayu bakar, sehingga ketika cinta itu sedang berapi-api lalu lupa untuk membut api yg besar itu untuk tetap menyala, sehingga menjadi cepat padam. Ada 3 fondasi dalam sebuah hubungan : Cinta, Komitmen, Kepercayaan. Bagaimana orang-orang yang sudah menikah berpuluh-puluh tahun bisa tetap bersama ? karena mereka tetap bisa memberi kayu bakar dan takaran minyak yang tepat pada api unggunya sehinga mereka bisa jatuh cinta berkali-kali kepada pasangan hidupnya.
  4. Cinta itu tidak kita kenyang dan produktif. Pacaran adalah kekuatan temporer yang dibuat oleh diri kita sendiri.
  5. Harus diuji bukan diterima apa adanya. Salah 2 nya diuji dengan jarak dan waktu.
  6. Cinta itu bukan Alat pembenaran diri. Jangan sampai membenarkan segala hal atas nama cinta sehingga membuat kalian merusak diri kalian sendiri (astagfirullah)
  7. Kita yang mengendalikan perasaan, bukan malah sebaliknya perasaan yang mengenadalikan kita.
Jika kita ingin tahu bagaimana cara memilih pasangan hidup yang baik cobalah tanya kepada ke2 orang tua kita bagaimana kisah cinta mereka. Saya sempat bertanya kepada mamah saya beberapa waktu yang lalu mengapa beliau memilih bapa saya sebagai pasangan hidupnya, mamah saya bilang, "waktu mamah muda dulu banyak yang naksir sama mamah, banyak yang lebih ganteng dan lebih modal nraktir mamah daripada Bapa, Bapa dulu nraktir mamah cmn makan Bakso, tapi kenapa mamah milih Bapa ? karena dari semuanya yg naksir sama mamah, Bapa lah yang agamanya yang paling bagus".

Semoga bermanfaat, kawan :)

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar